NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemuda Diminta Patuh Terhadap Imbauan Social Distancing

Nasional Virus Korona
Candra Yuri Nuralam • 23 Maret 2020 06:46
Jakarta: Pemerintah meminta kawula muda untuk menuruti pembatasan sosial atau social distancing. Pemuda diminta untuk menjalani imbauan pemerintah dengan melakukan karantina sendiri.
 
"Sadari bahwa ini menjadi bahaya, menjadi penting kita kendalikan karena ini lah penularan yang terjadi di masyarakat kita. Terutama kelompok muda," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu, 22 Maret 2020.
 
Menurut Yuri, masih banyak kawula muda yang tidak menggubris anjuran tersebut. Kebanyakan dari mereka membandel lantaran merasa masih mempunyai fisik yang kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengingatkan fisik yang kuat bukan berarti kaum muda kebal dengan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok tersebut. Pemuda bisa saja terpapar virus korona tanpa disadari dan menyebarkan ke orang di lingkungan sekitarnya.
 
"Sering kali karena kondisi imunitas jauh lebih baik sehingga tidak menjaga jarak, sehingga dia membawa virus ini tanpa gejala, dan kemudian menularkan kepada keluarganya. Kita tahu di antara keluarga kita ada yang rentan seperti lansia, atau memiliki penyakit tumor, diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan lain sebagainya," ujar Yuri.
 
Baca: Bandara Internasional Juanda Pasang Bilik Sterilisasi Korona
 
Yuri menilai sikap tak peduli pemuda terhadap nasib orang di lingkungannya sangat berbahaya. Apalagi, kata dia, orang yang rentan itu bisa saja meninggal jika terpapar virus tersebut.
 
"Mereka ini lah yang kemudian tertular akan termasuk dalam kondisi berat dan tidak menutup kemungkinan untuk memberikan ancaman kepada jiwanya," ujar Yuri.
 
Yuri meminta kawula muda sadar dengan imbauan pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial. Pemuda diminta tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial atau social distancing.
 
"Oleh karena itu mari bersama-sama menyadari bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi pandemi global covid-19 ini, sehingga kita bisa bersama-sama mengurangi aspek kemungkinan penularan antar orang," tutur Yuri
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif