Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (tengah). Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (tengah). Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Uskup Agung: Jaga Toleransi Beragama Menjelang Pemilu

Nasional perayaan natal dan tahun baru natal dan tahun baru
Candra Yuri Nuralam • 25 Desember 2018 15:10
Jakarta: Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo meminta seluruh masyarakat menjaga toleransi antarumat beragama. Toleransi yang memperjuangkan kesatuan akan menciptakan kesejahteraan bersama.

"Memperjuangkan nilai demokrasi adalah nilai kepentingan bersama, kesejahteraan Indonesia, kesetaraan. Tidak ada diskriminasi," ujar Suharyo dalam konferensi pers Perayaan Natal di Gereja Katedral, Selasa, 25 Desember 2018.

Menurut Suharyo, cara terbaik untuk memperdalam toleransi adalah dengan mengingat sejarah. Dalam sejarah Indonesia, para leluhur bersatu dari berbagai suku dan agama untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Jangan mau diacak-acak, karena kita dimulai dengan semangat kebangsaan," tegas Suharyo. Baca juga: Uskup Agung Jakarta Ajak Umat Kristiani Jaga Kedamaian Pilpres

Contoh terkecil, lanjut Suharyo, adalah dengan menghayati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Momen Harkitnas mampu meningkatkan rasa persatuan mengingat para tokoh pendiri bangsa bersatu mendongkrak semangat kebangsaan. 

"Jika ada yang tidak toleran, maka mereka tidak tahu sejarah. Mereka harus tahu kalau bukan karena semangat kesatuan dan rahmat Tuhan, bangsa ini tidak berdiri," tutur Suharyo.




(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi