Mentan: Data BPS Sejumlah Komoditas Turun
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (Foto: Dhemas Reviyanto).
Jakarta: Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut harga sejumlah komoditas strategis turun. Hal itu sesuai dengan data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Data itu disampaikan BPS dalam rapat tertutup dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Rapat itu juga dihadiri para Menteri Kabinet Kerja bidang ekonomi.

"Semua komoditas strategis untuk pangan, enggak ke mana-mana lagi. Tadi disebut (BPS) turun beberapa komoditas," kata Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.


Sayangnya, Amran tak merincikan komoditas apa saja yang turun berdasarkan data BPS, dan persentase penurunannya. Dia meminta menunggu pengumuman resminya.

"Dia (BPS) tidak sebut rinci tadi BPS, tetapi pada umumnya komoditas pangan turun dan relatif stabil. Itu kata kuncinya," ucap dia.

Presiden Jokowi sebelumnya blusukan ke Pasar Surya Kencana di Jalan Roda, Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa malam, 30 Oktober 2018. Kedatangannya itu untuk memastikan harga bahan pokok stabil.

"Saya hanya ingin pertama karena kalau kita melihat angka-angka inflasi itu kan dibawah 3,5 persen artinya harga itu stabil. Saya lihat memang beberapa ada penurunan," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan beberapa sayuran mengalami penurunan harga. Sawi misalnya, yang biasanya Rp8 ribu menjadi Rp7 ribu. "Kemudian buncis biasanya Rp16 ribu ini tadi Rp12 ribu," ujarnya.

Namun, Jokowi juga mendapati beberapa buah mengalami kenaikan. Misalnya, alpukat dari harga Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu. Menurut Jokowi, adanya kenaikan harga alpukat ini lantaran faktor suplai yang sedikit.



(JMS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id