Aparat apel siaga pengamanan malam pergantian tahun d Monas, Jakarta Pusat. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Aparat apel siaga pengamanan malam pergantian tahun d Monas, Jakarta Pusat. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

20 Ribu Aparat Gabungan Jaga Malam Tahun Baru

Nasional perayaan tahun baru
Muhammad Al Hasan, Siti Yona Hukmana • 31 Desember 2018 19:02
Jakarta: Sebanyak 20 ribu aparat gabungan diterjunkan mengamankan perayaan malam pergantian tahun. Mereka terdiri dari unsur kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.
 
"Kami siap semuanya, jajaran Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemda DKI untuk melaksanakan pengamanan pergantian tahun," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin, 31 Desember 2018.
 
Idham mengatakan, aparat disebar di sejumlah titik keramaian. Misalnya, Ancol, Monas, Kebun Binatang Ragunan, Bundaran Hotel Indonesia, hingga kawasan Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Banten. Kawasan itu diyakini jadi titik kumpul massa menghabiskan malam pergantian tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah kami dibantu Pak Gubernur DKI Anies Baswedan, Wali Kota, Pangdam, Dandim untuk bersama-sama melaksanakan pengamanan," ujarnya.
 
Jenderal bintang dua itu tetap berharap masyarakat waspada di tempat keramaian. Selain itu, ia juga mengimbau warga Ibu Kota dan sekitarnya tertib pada saat merayakan malam pergantan tahun.
 
"Marilah kita rayakan dengan baik, tertib, karena di balik perayaan itu kita juga masih ada daerah-daerah yang sedang berduka, seperti korban tsunami di Lampung maupun di Banten, serta daerah lain," imbau Idham.
 
Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya mengatakan, sekitar 994 aparat gabungan dikerahkan khusus menjaga kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ada 17 titik pos pengamanan sudah didirikan di kompleks TMII.
 
"Antisipasi kerawanan aksi lempar petasan dan perjalanan menuju lokasi perayaan tahun baru," kata Tony melalui keterangan tertulis.
 
Tony merinci, dari jumlah aparat yang diterjunkan, l92 di antaranya berasal dari Brimob Mabes Polri. Lalu, 280 personel dari Polda Metro Jaya, 165 personel dari Polres Metro Jakarta Timur, 55 personel Gabungan Polsek Jajaran, 203 TNI, dan 199 personel dari instansi gabungan pemerintah daerah.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif