Ceko Siap Bantu Korban Bencana Sulteng

Sunnaholomi Halakrispen 06 Oktober 2018 09:01 WIB
Gempa Donggala
Ceko Siap Bantu Korban Bencana Sulteng
Bangunan runtuh setelah Palu diguncang gempa - Medcom.id/Surya Perkasa
Jakarta: Pemerintah Republik Ceko bakal memberikan bantuan kepada para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan akan direalisasikan dari tahap tanggap darurat bantuan kemanusiaan hingga proses rekonstruksi daerah yang terkena dampak dari bencana tersebut.

Pemberian bantuan ini disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Ceko Martin Tlapa saat bertemu Pensosbud KBRI Ceko Dwi Wisnu Budi Prabowo.

Pada pertemuan itu, Martin menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Indonesia khususnya keluarga korban bencana di Sulteng. Ceko juga menawarkan bantuan kepada Indonesia tentang pencegahan bencana.


Salah satunya, dalam bentuk berbagi pengalaman dan teknologi dari sistem penyelamatan terpadu yang telah terbukti mengatasi bencana di Ceko. Martin mengaku pihaknya telah menerima tawaran dari sejumlah perusahaan pemasok sistem peringatan dini serta perangkat yang digunakan untuk mitigasi bencana alam.

(Baca: 27 Unit Pesawat Kirim Bantuan ke Palu)

Bahkan, mereka juga akan secara aktif mendukung proses rekonstruksi di Indonesia. Menurut Martin, pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan organisasi kemanusiaan Ceko untuk mengoordinir bantuan para korban di daerah yang terkena bencana.

Dubes RI untuk Ceko Aulia Rachman menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Ceko atas tawaran bantuan tersebut. Dukungan Ceko dinilainya memperkuat hubungan antar kedua negara.

Republik Ceko tercatat sebagai salah satu negara yang sangat aktif dan berkontribusi besar pada saat gempa dan tsunami di Aceh pada 2004. Dubes RI untuk Ceko berkomitmen bekerja sama penuh dalam komunikasi dengan instansi terkait di Indonesia untuk menerima dan mendistribusikan bantuan Ceko tersebut.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id