ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

BMKG Catat Peningkatan Aktivitas Gempa Selama November 2021

Nasional gempa Gempa Bumi bencana alam BMKG peringatan dini BMKG
Atalya Puspa • 04 Desember 2021 11:53
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 980 aktivitas gempa selama November 2021. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober, 844 kali.
 
Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan selama November 2021, aktivitas gempa di wilayah Indonesia didominasi gempa kecil dengan magnitudo kurang dari 5, aktivitas itu terjadi 969 kali.
 
Jumlah aktivitas gempa kecil ini mengalami peningkatan jika dibanding Oktober yang terjadi 831 kali. Gempa signifikan dengan magnitudo di atas 5 terjadi ada 11 kali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Oktober yang terjadi 13 kali," kata Daryono dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Sabtu, 4 Desember 2021. 
 
Gempa dengan guncangan dirasakan oleh masyarakat selama November 2021 terjadi sebanyak 49 kali. Jumlah gempa dirasakan mengalami penurunan jika dibanding Oktober, 71 kali.
 
Baca: Apa saja yang Harus Dibawa jika Terjadi Bencana?
 
Selanjutnya, Daryono menjelaskan selama November 2021, terjadi satu kali peristiwa gempa yang merusak, yaitu gempa di Wahai, Seram Utara, Maluku Tengah. Gempa dengan magnitudo 5,7 yang berpusat di lepas pantai pada jarak 16 km Barat Wahai, Maluku Tengah, pada 4 November 2021, berdampak merusak lebih dari 26 bangunan rumah.
 
"Zona aktif gempa di wilayah Indonesia selama November 2021 terdapat di 10 klaster seismisitas, yaitu Aceh-Nias, Bengkulu-Lampung-Selat Sunda, Selatan Banten-Jawa Barat, Selatan Yogyakarta-Jawa Timur, Lombok-Bima-Sumba, Sigi-Luwu Timur, Minahasa Selatan-Utara, Laut Maluku, Ambon-Seram, dan Papua Utara," ujar Daryono
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif