Calon penumpang tengah memverifikasi dokumen pendukung perjalanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Calon penumpang tengah memverifikasi dokumen pendukung perjalanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Bandara Soetta Diklaim Sudah Kondusif

Nasional Virus Korona bandara soekarno-hatta virus corona
Anggi Tondi Martaon • 17 Mei 2020 17:18
Jakarta: Kondisi Bandara Soekarno Hatta (Soetta) diklaim kembali kondusif. Penumpukan penumpang tidak lagi terlihat seperti beberapa waktu lalu.
 
"Masyarakat sudah mulai tertib untuk menyadari bahwa physical distancing menjaga jarak adalah sesuatu hal yang penting," kata kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Ahmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu menyebutkan, kepadatan di Bandara Soetta terpantau pada pukul 06.00-08.00 WIB. Namun, calon penumpang sudah mulai tertib mematuhi jaga jarak. Terutama saat melewati pengecekan dokumen pemberangkatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di antaranya pengecekan dokumen terkait perjalanan baik identitas diri, surat keterangan dari institusi, kemudian surat keterangan sehat, dan lain-lain. Termasuk tiket," ungkap Yurianto.
 
Baca: Menko PMK Minta Bandara Soetta Jaga Physical Distancing
 
Kondisi kesehatan calon penumpang udara juga diperiksa. Selain pemeriksaan suhu tubuh, kadar oksigen dalam darah juga dicek oleh petugas pemantau dan dokter umum yang disiagakan di bandara. Ini dilakukan untuk melihat apakah yang bersangkutan dalam keadaan sehat atau tidak.
 
"Kemudian baru melaksanakan check-in tiket dan kemudian menuju ruang tunggu untuk persiapan penerbangan," ungkap dia.
 
Kolonel TNI itu menyebutkan, penambahan proses administrasi itu membuat calon penumpang lebih cepat tiba di bandara. Setidaknya 4 jam sebelum keberangkatan.
 
"Maka pada umumnya di Bandara Soetta untuk penerbangan di jam 06.00 WIB mereka sudah datang pada pukul 02.00 WIB dini hari," sebut Yurianto.
 
Selain itu, masyarakat sudah mulai memahami kebijakan pengecualian perjalanan ini. Mayoritas calon penumpang yang ditemui sedang menjalankan tugas di luar daerah.
 
"Kami tadi melihat sebagian besar dan hampir keseluruhannya adalah dalam tugas-tugas itu yang melibatkan banyak institusi," ujar dia.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif