Koordinator Operasional RSD Wisma Atlet, Kolonel CKM Stefanus Dony. Dok Satgas Covid-19
Koordinator Operasional RSD Wisma Atlet, Kolonel CKM Stefanus Dony. Dok Satgas Covid-19

Psikis Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Dapat Perhatian Khusus

Nasional Virus Korona wisma atlet jakarta covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 08 Oktober 2020 19:09
Jakarta: Psikis pasien covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Jakarta, mendapat perhatian khusus dari tim medis. Beragam langkah ditempuh agar seluruh pasien tidak stres saat menjalani perawatan dan isolasi mandiri setelah terpapar covid-19.
 
“(Perhatian psikis) benar-benar sangat membantu agar mereka meningkatkan imun dan cepat sembuh,” kata Koordinator Operasional RSD Wisma Atlet, Kolonel CKM Stefanus Dony, di Gedung Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Tim psikolog dan sejumlah relawan berkolaborasi untuk merawat psikis pasien RSD Wisma Atlet. Mereka memberi perhatian dan pendampingan kepada pasien yang dirawat maupun isolasi mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: RSD Wisma Atlet Rawat 4.154 Pasien
 
Video yang memotivasi pasien rutin diputar setiap pagi dan sore. RSD Wisma Atlet juga membuka jadwal kunjungan tetap setiap Senin dan Kamis.
 
“(Kunjungan) itu berkala dan kita ada grup WhatsApp. Kalau pasien minta didatangi tatap muka, akan didatangi,” ujar Dony.
 
Kegiatan lainnya yakni melakukan permainan kecil. Tim psikolog dan relawan menyebar ke seluruh lantai dan mengajak pasien melakukan aktivitas yang menyenangkan.
 
“Tujuannya memberi semangat karena biasanya pasien sendiri atau berdua dalam satu kamar dan mengantisipasi stres,” terang Dony.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif