Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3M Cara Terbaik Memutus Rantai Covid-19

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19 protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Achmad Zulfikar Fazli • 20 Oktober 2020 07:48
Jakarta: Protokol kesehatan 3M atau memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir merupakan 'vaksin' utama dari wabah covid-19. Perilaku adaptasi kebiasaan baru itu dinilai cara terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
 
Psikolog Edward Andriyanto Sutardhio mengatakan masyarakat juga bisa mengantisipasi virus korona dengan melakukan 3K. Pertama, mengkaji Informasi.
 
"Mengkaji semua informasi yang masuk. Pastikan hanya informasi yang dapat diandalkan dan positif yang masuk ke dalam pikiran," Edward dalam talkshow 'Perjuangan Penyintas Melawan Covid-19' di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB, Jakarta, Senin, 19 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, kelola emosi. Masyarakat harus mengatur seluruh emosinya agar lebih rileks, tenang, dan lebih nyaman sehingga punya kekuatan untuk melawan penyakit yang menyerang imunitas tubuh itu.
 
Baca: Vaksin Bukan Cara Utama Melawan Covid-19
 
Ketiga, kembangkan sumber daya. Mencari hobi atau sesuatu yang menyenangkan. Langkah ini juga bisa membuat pasien terkonfirmasi positif mempercepat proses penyembuhan.
 
"Sumber daya paling penting berada di sekeliling yang bisa membantu masyarakat lebih baik, lebih sehat, dan lebih mampu menghadapi situasi sulit ini," ucap dia.
 
Satuan Tugas Covid-19 terus mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif