Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polda Metro Jaya Kekeh Larang Demonstrasi

Nasional demo massa
Candra Yuri Nuralam • 16 Oktober 2019 14:00
Jakarta: Polda Metro Jaya kekeh melarang seluruh aksi demonstrasi yang akan digelar sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengeklaim polisi berhak tidak menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (SPPT) untuk demonstrasi.
 
"Polda Metro Jaya menggunakan kewenangan diskresi kepolisian untuk tidak menerbitkan STTP unjuk rasa sesuai dengan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum," kata Argo kepada Medcom.id, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Polda Metro Jaya sudah memperhitungkan banyak hal sebelum memutuskan pelarangan tersebut. Salah satunya yakni soal keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Argo mengakui setiap warga negara berhak melakukan demonstrasi. Namun, menurut dia, keamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih jadi prioritas utama.
 
Kepolisian juga tak mau mengambil risiko dengan memperbolehkan aksi demonstrasi sebelum dan saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih berlangsung. Sebab, aksi tersebut dikhawatirkan kembali berujung ricuh.
 
"Dengan adanya pelantikan presiden dan wakil presiden yang dihadiri oleh pimpinan negara asing dan untuk menjaga harkat dan martabat negara Indonesia," tegas Argo.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku tak bisa melarang demonstrasi saat pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Sikap Jokowi berbeda dengan kepolisian.
 
"Namanya demo, dijamin konstitusi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Jokowi menegaskan tak pernah memberi instruksi melarang demonstrasi. "Enggak ada," singkat Jokowi.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif