Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Kemendagri 'Turun Gunung' Usut Dana Desa Fiktif

Nasional dana desa
Theofilus Ifan Sucipto • 07 November 2019 16:28
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menurunkan tim untuk mengusut dana desa fiktif. Mereka berkoordinasi dengan Polda dan Polres di masing-masing wilayah.
 
"Memang sudah turun tim ke lapangan. Jumlah (desa fiktif) masih menunggu (laporan) tim," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 7 November 2019.
 
Akmal menjelaskan maksud dari desa fiktif ini ialah jumlah penduduk yang tidak sesuai dengan data. "Jadi bukan (desanya yang) fiktif," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Akmal, desa tidak terbentuk berdasarkan jumlah penduduk. Ada wilayah yang jumlah penduduknya sedikit namun disebut sebagai desa.
 
Akmal enggan membeberkan lebih lanjut proses investigasi dari dana desa fiktif ini. Dia pun mengaku masih menanti hasil temuan tim di lapangan.
 
"Biarlah tim yang melaporkan. Tapi informasi yang kita dapat begitu kondisinya," pungkas Akmal.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya menyebut banyak desa fiktif akibat besarnya dana desa dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Hingga 30 September 2019, realisasi dana desa mencapai Rp42,2 triliun atau mencapai 62,9 persen.
 
"Kami mendengar ada transfer yang ajaib dari APBN dan muncul desa-desa baru yang tidak berpenghuni karena melihat jumlah dana yang ditransfer setiap tahunnya," ujar Sri dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
 
Sri mengatakan informasi tersebut bersumber dari Kementerian Dalam Negeri. Ada beberapa desa baru yang tak berpenghuni tapi mendapat aliran dana.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif