Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR)

Ketua DPR Imbau Semua Pihak Menahan Diri

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 22 Mei 2019 11:41
Jakarta: Kondisi Ibu Kota Jakarta memanas. Bentrokan terjadi antara pengunjuk rasa dan aparat keamanan sejak Selasa, 21 Mei malam hingga Rabu, 22 Mei 2019.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengimbau agar semua pihak dapat menahan diri. Aparat diharapkan tidak terprovokasi ulah pengunjuk rasa.
 
"Karena memang itulah target mereka para penumpang gelap yang menyusup di tengah-tengah aksi masa. Memancing aparat marah dan bertindak anarkis sehingga menimbulkan chaos," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu juga meminta pengunjuk rasa di KPU dan Bawaslu untuk tetap tertib dan damai. Hindari perilaku anarkisme yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat.
 
"Silakan mengemukakan pendapat dan unjuk rasa selama masih dalam koridor hukum dan undang-undang," katanya.
 
Mantan Ketua Komisi III DPR itu juga mengingatkan agar mewaspadai kemungkinan penyusup. Keberadaan mereka dianggap dapat memperkeruh suasana.
 
Diharapkan, semua elemen yang berunjuk rasa agar menghormati hasil akhir rekapitulasi pemilu. Bamsoet pun mengapresiasi sikap Prabowo Subianto yang memilih mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).
 
Terakhir, Bamsoet kembali mengingatkan agar seluruh masyarakat Indonesia mengutamakan keutuhan bangsa. Jangan ada lagi berbagai propaganda yang dapat menghasut permusuhan di antara rakyat.
 
"Para elite politik maupun para tokoh bangsa harus mampu menjaga suasana teduh, jangan malah menambah keruh suasana," kata Bamsoet tegas.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif