Relawan Medis Mer-C Ungkap Detik-detik Gempa Susulan 6,2 SR

09 Agustus 2018 13:34 WIB
gempa bumiGempa Lombok
Relawan Medis Mer-C Ungkap Detik-detik Gempa Susulan 6,2 SR
Warga berhamburan lari turun bukit saat terjadi gempa susulan dibarengi longsoran kecil di dekat lokasi pengungsian Dusun Manggala, Pemenang Barat, Pemenang, Lombok Utara, NTB. (Foto: MI/Ramdani)
Jakarta: Relawan medis dari Mer-C Indonesia Arief Rachman mengungkapkan detik-detik terjadinya gempa susulan berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 9 Agustus 2018.

Saat gempa terjadi, Arief tengah melaporkan proses penanganan medis terhadap korban dan disiarkan secara langsung melalui sambungan telepon dengan Metro TV.

"Mohon maaf, mohon maaf, gempa terjadi lagi, gempa sedang terjadi, maaf, guncangannya sangat kuat. Semua orang panik berhamburan keluar," ujar Arief dengan suara parau.


Arief mengatakan saat itu dirinya berada di dalam Rumah Sakit Tanjung, Lombok Utara dan tengah bertugas di bagian radiologi. Dia mengungkapkan guncangan terasa sangat kuat hingga menyebabkan gedung rumah sakit goyang.

"Biasanya hanya plafon yang jatuh ini tembok yang sebelumnya retak langsung runtuh. Saya perkirakan kekuatannya 5-6 SR," kata dia.

Arief memastikan seluruh pasien secara umum tidak dirawat di dalam gedung melainkan di tenda darurat di halaman rumah sakit.

"Hanya memang ada beberapa pelayanan seperti radiologi yang diaktifkan kembali dan pasien yang sedang dilakukan rontgen langsung dievakuasi oleh TNI AD," jelas dia.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id