ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Korban Gempa di Pasaman Barat Terserang ISPA Akut

Antara • 21 April 2022 18:57
Sumbar: Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mulai menyerang warga yang masih bertahan di tenda pengungsian korban gempa di Simpang Timbo Abu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. Mereka terpaksa bertahan di tenda pengungsian karena rumah mereka hancur dilanda gempa 6,1 magnitudo pada 25 Februari 2022.
 
"Dari 26 orang yang berobat hari ini ke posko pelayanan kesehatan ditemukan 10 orang mengidap penyakit ISPA," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Kamis, 21 April 2022.
 
Gina mengatakan pihaknya bersama tim turun ke lokasi pengungsi untuk melakukan pemeriksaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Khusus penyakit ISPA kita temukan 10 orang hari ini. Besok direncanakan akan melakukan pemeriksaan ke warga Simpang Mudiak," ujar dia.
 
Ia mengatakan kondisi ini terjadi karena ada infeksi di saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala batuk, pilek, dan demam. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi serangan penyakit tersebut, seperti perubahan cuaca.
 
Baca: BMKG Perkuat Sistem Peringatan Dini Gempa Bumi di IKN Nusantara
 
"Karena di lokasi setempat sempat diguyur hujan dan banyak warga tinggal di tenda-tenda pengungsian," ungkap dia.
 
Gina menjelaskan kasus ISPA ditemukan merata di setiap kelompok umur, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ia mengatakan warga yang terserang penyakit telah ditangani tim medis dengan memberikan obat hingga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Saat ini, sekitar 40 Kepala Keluarga atau 150 orang korban gempa masih bertahan di lokasi pengungsian, 30 di antaranya anak-anak.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif