Ilustrasi hepatitis/Istimewa
Ilustrasi hepatitis/Istimewa

2 Anak di Sulsel Suspek Hepatitis Akut

Muhammad Syawaluddin • 06 Juni 2022 15:12
Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan kembali menemukan dua anak yang diduga terpapar Hepatitis Akut.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso, mengatakan dua anak diduga terjangkit Hepatitis Akut setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sistem Nar sebagai alat untuk mendata masyarakat yang diduga terkena hepatitis. 
 
"Kedua anak itu kalau umurnya rasionya ada di bawah 16 tahun," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 6 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan kedua pasien tersebut masing-masing berasal dari Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Keduanya saat ini ditangani Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo. 
 
"Karena ada ciri yang mencurigakan kami kirim langsung ke Makassar, perawatannya di RS Wahidin karena standar perawatan nasional," ujar dia.
 
Baca juga:  Seorang Balita di Yogyakarta Suspek Hepatitis Akut
 
Bachtiar memastikan telah mengirimkan dua sampel dari tiga pasien yang diduga menderita hepatitis akut ke Litbangkes Kemenkes RI untuk dilakukan pemeriksaan. Pihaknya kini tengah menunggu hasil.
 
"Yang dikirim baru yang dua dari Sulbar dengan yang Pinrang, sampai sekarang hasilnya belum kita terima dari Jakarta," jelasnya. 
 
Sebagai upaya mengantisipasi penularan hepatitis akut ke Sulawesi Selatan, pihaknya telah meminta seluruh Dinas Kesehatan daerah agar segera melaporkan dugaan kasus hepatitis.
 
"Saya minta mereka membentuk tim. Gubernur juga sudah menyurati bupati dan wali kota untuk mewaspadai dan menginput status hepatitis baik akut atau tidak. Nanti di Makassar kami yang memilah, mana yang dicurigai langsung dikirim ke Makassar," terang dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif