Ilustrasi banjir. Medcom.id/Zaenal Arifin
Ilustrasi banjir. Medcom.id/Zaenal Arifin

Pemprov DKI Klaim Siap Antisipasi Banjir

Nasional banjir banjir jakarta pemprov dki
Putri Anisa Yuliani • 29 Oktober 2020 05:44
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau kondisi bantaran sungai Kalimalang yang berlokasi di Jalan D. I. Panjaitan RT001/06, Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Kunjungan tersebut dalam rangka memeriksa titik rawan potensi banjir sebagai antisipasi jika terjadi intensitas hujan yang tinggi.
 
Dalam tinjauan tersebut, Ariza mengatakan dalam upaya penanggulangan banjir, Pemprov DKI sedang berupaya mencari sumbatan di setiap titik-titik banjir yang ada di lima wilayah. Khusus di Kebon Pala, Ariza mengajak seluruh perangkat RT dan RW bersama-sama mencari solusi dalam memperluas volume buangan air di lokasi tersebut.
 
Ariza menjelaskan aliran sungai di wilayah Kebon Pala tertahan jembatan yang dibangun sejak zaman Belanda. Jembatan itu perlu diperbaiki agar air bisa mengalir dengan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin jembatan yang harus diganti, ditinggikan sehingga aliran air yang melewati jembatan tersebut bisa lebih besar volumenya. Jika dibiarkan akan menyebabkan genangan mulai dari tiga hingga lima meter, terutama saat banjir pada awal tahun 2020," ujar Ariza, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Ariza mengatakan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat berbagai sodetan sekaligus mengeruk sungai, waduk, dan embung untuk mengalirkan air. Dinas SDA DKI juga menyiagakan seluruh pompa yang ada. Hal tersebut dilakukan tidak hanya saat musim hujan, namun juga saat musim kemarau dalam rangka mengendalikan air.
 
"Itulah alasannya, termasuk membuat drainase vertikal, sumur resapan dan yang paling penting dari semua adalah dukungan dari seluruh warga Jakarta untuk selalu tidak membuang sampah sembarangan. Ya buanglah sampah pada tempatnya," kata dia.
 
Baca: 20 RT di Jakarta Tergenang usai Hujan Deras
 
Ariza menyampaikan masyarakat ikut berperan dalam mencegah banjir. Salah satu caranya membersihkan lingkungan sekitar dengan mengeruk atau membersihkan selokan di sekitar rumah.
 
Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta tengah mengupayakan program pelebaran sungai dengan tujuan memperluas volume tampungan air. Sehingga warga di sekitar tidak perlu khawatir tergenang air, khusunya di Kelurahan Kebon Pala.
 
"Memang ini sudah menjadi usulan dari warga melalui RW, RT dan kelurahan dalam musrembang, supaya saluran air ini diperbaiki, ditingkatkan supaya lebih luas volumenya dan supaya sungai juga diperluas. Jadi warga sangat menyambut baik program ini. Prinsipnya Pemprov DKI Jakarta akan terus mengupayakan, memastikan tidak ada warga yang terdampak genangan lagi," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif