PT Pulau Pulau Media (MacroAd) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan wifi gratis di sejumlah stasiun kereta di Jabodetabek. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
PT Pulau Pulau Media (MacroAd) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan wifi gratis di sejumlah stasiun kereta di Jabodetabek. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

Wifi Gratis 'Mangkal' di Stasiun-stasiun Jabodetabek

Nasional internet pt kai
Ilham Pratama Putra • 27 Februari 2019 20:12
Jakarta: PT Pulau Pulau Media (MacroAd) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan wifi gratis di sejumlah stasiun kereta di Jabodetabek. Ini merupakan langkah MacroAd mendukung pemerintah yang mencanangkan Gerakan Menuju 100 Smart City.
 
"Sasarannya area publik maupun layanan transportasi publik, salah satunya kereta api," Kata Head of Commercial & Business Development MacroAd, George Samuel di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu 27 Februari 2019.
 
George berharap pengguna kereta api khususnya commuter line terpuaskan dengan fasilitas ini. Dengan kecepatan hingga 250 mbps, ia yakin jaringan wifi yang tersedia stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tahu stasiun itu dalam sehari bisa dipenuhi hingga satu juta orang," kata George.
 
Baca juga:DIY Targetkan Seluruh Desa Terkoneksi Wifi Gratis
 
Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta telah terpasang wifi MacroAd. Sementara, 37 stasiun lainnya di Jabodetabek akan terpasang pada akhir Maret 2019.
 
Secara teknis, kata dia, penggunaan wifi MacroAd mengharuskan pengguna melakukan registrasi terlebih dahulu. Pengguna cukup memasukkan nomor telepon dan tanggal lahir. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan wifi secara gratis selama 30 menit pertama.
 
"Kami menyadari bahwa kebutuhan masyarakat akan informasi sangat berkembang dengan pesat, untuk itu kami hadir dan kerja sama dengan PT. KAI," pungkasnya.
 
Tarif teta
 
Sementara itu, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, memastikan tarif kereta api tetap sama. Wifi bagian dari fasilitas yang ada di stasiun.
 
"Enggak ada kenaikan tarif. Harga tiket tidak kita naikkan," kata Dadan dalam kesempatan yang sama.
 
Dia mengatakan harga tiket yang stabil ini merupakan bentuk pelayanan dari PT. KAI kepada penumpang. Diharapkan pengguna lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta.
 
"Adanya wifi gratis di stasiun dan di kereta api ke depannya, penumpang akan lebih nyaman saat menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan," ucap Dadan.
 
Dia berharap kerja sama ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta api. "KAI dan MacroAd berharap ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta sampai masa mendatang," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif