Kepala Seksi Perencanaan Pertamanan, Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Kepala Seksi Perencanaan Pertamanan, Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Anies Menyontek Ruang Hijau Singapura

Nasional dki jakarta
Fachri Audhia Hafiez • 12 Februari 2019 19:31
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat masterplan ruang terbuka hijau (RTH). Ide masterplan merujuk konsep RTH di Singapura.
 
"Sekarang kita lihat benchmark-nya Singapura. Singapura itu konsep dan rencananya langsung diterjemahkan ke masterplan," kata Kepala Seksi Perencanaan Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto, di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Februari 2019.
 
Konsep RTH Singapura dinilai relevan diterapkan di Jakarta di masa sekarang maupun nanti. Gambaran besarnya, alam akan dibawa masuk ke tengah kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga: Penertiban Zona Hijau di DKI Tebang Pilih
 
Hendrianto menjelaskan masterplan ini untuk mencegah gubernur DKI di kepemimpinan yang akan datang tak serta merta mengubah aturan RTH. Perencanaan RTH berkaitan dengan ketersediaan lahan yang makin menipis di Jakarta.
 
"Biar enggak terjadi pimpinan itu punya diskresi kebijakan, ketika aturan yang jelas secara perda atau undang-undang itu boleh ambil diskresi," ucap dia.
 
Baca Juga: Konsep Ruang Terbuka Hijau Era Anies
 
Menurutnya, pembangunan RTH sebelumnya hanya berdasarkan kebijakan gubernur tanpa perencanaan jelas. Perencanaan yang dimaksud terkait fungsi RTH untuk rekreasi, kepentingan bisnis, atau sekadar penghijauan.
 
"Jadi bangun taman sudah jadi RTH tapi mau ada dong fasilitas ini itu. Tapi enggak ada visi yang kuat," jelas Hendrianto.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi