Banjir di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 20 Mei 2020/Medcom.id/Zaenal Arifin
Banjir di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 20 Mei 2020/Medcom.id/Zaenal Arifin

Pemprov DKI Bakal Bebaskan Lahan untuk Mencegah Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Theofilus Ifan Sucipto • 09 Juli 2020 14:11
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengupayakan pencegahan banjir. Ada sejumlah langkah untuk menangani masalah tahunan tersebut.
 
“Mulai dari pembebasan lahan, pembangunan sheet pile, dan sistem polder,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat meninjau banjir di Jakarta Barat, Kamis, 9 Juli 2020.
 
Pihaknya tengah melacak titik potensi banjir di DKI. Hasil pelacakan bakal dirumuskan dalam detail engineering design (DED) atau desain penataan terkait aliran sungai, yang ditargetkan rampung bulan depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga pengerjaan penataan aliran sungai bisa dilakukan tahun ini. “Termasuk penyelesaian pembangunan sheet pile dan pembebasan lahan,” imbuh dia.
 
Baca:DKI Minta Bantuan Anggaran Pusat Tangani Banjir
 
Menurut Riza, upaya tersebut membutuhkan sinergi pemerintah pusat dan Pemprov DKI. Baik untuk pembiayaan maupun teknis pengerjaannya.
 
Pemprov DKI, kata Riza, bakal bertemu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Kedua pihak bakal membahas percepatan penanganan banjir di Ibu Kota.
 
“Mudah-mudahan kita bisa mengambil langkah-langkah yang lebih cepat dalam pencegahan dan penanganan banjir,” ujar politikus Partai Gerindra itu.
 

(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif