Warga Kecamatan Cilincing menerima vaksin covid-19 di Kantor Kecamatan. Medcom.id/Yurike Budiman
Warga Kecamatan Cilincing menerima vaksin covid-19 di Kantor Kecamatan. Medcom.id/Yurike Budiman

400 Orang Ditargetkan Divaksinasi di Sentra Vaksinasi Kantor Camat Cilincing

Nasional DKI Jakarta Virus Korona kemenkes pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Yurike Budiman • 27 Juli 2021 03:46
Jakarta: Sentra vaksinasi keliling di Kantor Camat Cilincing, Jakarta Utara, menargetkan 250-400 orang mendapat vaksinasi covid-19 per hari. Sentra vaksinasi yang dibuka sejak 12 Juli 2021 ini digelar untuk mendukung percepatan program vaksinasi covid-19 di wilayah Kecamatan Cilincing.
 
"Kami membuka sejumlah titik posko vaksinasi yang tersebar di wilayah Kecamatan Cilincing dengan mendekatkan lokasi vaksinasi ke permukiman warga, termasuk membuka sentra vaksinasi di sekolah dan KBN (Kawasan Berikat Nusantara)," kata Camat Cilincing, Muhammad Andri, saat dikonfirmasi, Senin, 26 Juli 2021.
 
Andri berharap sentra vaksin keliling di dekat permukiman dapat menarik minat warga mendapatkan vaksin. Dia menyebut sentra vaksinasi yang dekat dari rumah memudahkan warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sentra vaksinasi ini melayani vaksinasi pada Senin hingga Jumat. Andri menyebut capaian vaksinasi di wilayah Kecamatan Cilincing mencapai 49 persen.
 
(Baca: Kematian di Indonesia Didominasi Warga dengan Komorbid dan Belum Vaksin Covid-19)
 
"Untuk meningkatkan capaian vaksinasi, kami mengajak seluruh stakeholder seperti jajaran Polsek Cilincing, Koramil, RSUD, RS swasta, Klinik Pratama, bidan praktik mandiri, pengusaha swasta, dan tenaga kesehatan lainnya untuk bergabung dalam kegiatan vaksinasi covid-19 di sejumlah lokasi," tutur dia.
 
Kolaborasi dengan semua unsur merupakan penentu percepatan program vaksinasi. Sehingga program dapat terlaksana dengan baik dan cepat menciptakan herd immunity.
 
"Kami terus mengimbau dan menyisir kembali warga yang sudah atau belum divaksinasi agar mudah termonitor," kata Andri.
 
Andri menegaskan vaksinasi bisa mengurangi risiko tertular hingga risiko kematian akibat covid-19. Dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang secara sadar mau divaksinasi. Andri mengingatkan bagi warga Cilincing yang belum divaksinasi langsung mendatangi sentra vaksinasi terdekat atau layanan mobil vaksinasi keliling.
 
"Hanya dengan membawa fotocopy KTP atau KK atau KIA maka warga yang berusia di atas 12 tahun sudah bisa mendaftar program vaksinasi dan akan melalui tahapan skrining kesehatan hingga penyuntikan vaksin," tutur Andri.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20.05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif