Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Anies Sebut IGD RS Sudah Banyak Kosong

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI Rumah Sakit rumah sakit rujukan covid-19 pandemi covid-19 Anies Baswedan Penularan covid-19
Hilda Julaika • 25 Juli 2021 14:36
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membeberkan keadaan fasilitas rumah sakit  (RS) di Jakarta. Anies menyebut sudah mulai ada ruangan instalasi gawat darurat (IGD) yang kosong untuk pasien covid-19.
 
“Perkembangan terbaru, IGD-IGD banyak yang kosong. Sudah mulai ada ruang kosong di IGD. Jadi kalau lihat laporan RS, jumlah keterisian IGD sudah mulai tidak lagi full,” kata Anies di acara Deklarasi Prokes Bersama Kadin, Minggu, 25 Juli 2021.
 
Anies menyampaikan ruang perawatan di RS penuh pada Juni dan awal Juli 2021. Alhasil, RS tidak bisa menampung pasien bergejala sedang dan berat sehingga kasus kematian pasien yang isolasi mandiri (isoman) tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banyak warga yang harusnya dapat pelayanan. Di RS tak bisa dapat karena tempatnya terbatas. Maka itu salah satu sebab kontribusi kasus isoman (isolasi mandiri) tak bisa terselamatkan,” jelasnya.
 
Anies menjelaskan menggunakan rumus sederhana, dari 100 persen kasus covid-19 sekitar 4-5 persen membutuhkan ICU, karena bergejala berat. Dengan begitu, jika ada 100 ribu kasus di DKI Jakarta, berarti 4-5 ribu orang perlu dirawat di ruang ICU. Sementara itu, ruang ICU di Jakarta hanya 1.500.
 
“Dari situ terlihat bahwa ada gap. Jadi ini berbeda dengan isolasi mandiri bergejala ringan, sedang. Ini adalah mereka-mereka yang seharusnya masuk dalam perawatan, tetapi tempat kita kemarin tidak cukup,” ungkap Anies.
 
Baca: Pasien RSD Wisma Atlet Berkurang 289 Orang
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap tren kasus covid-19 terus menurun. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus memantau pergerakan tren covid-19 di Ibu Kota.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif