Pelanggar PSBB di Danau Sunter, Jakarta Utara, diberi sanksi menyapu, Senin, 1 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Pelanggar PSBB di Danau Sunter, Jakarta Utara, diberi sanksi menyapu, Senin, 1 Juni 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Mengaku Atlet, Pelanggar PSBB Tetap Diberi Sanksi Menyapu

Nasional Virus Korona PSBB
Yurike Budiman • 01 Juni 2020 22:11
Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta kembali menertibkan pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dalam operasi di Kawasan Wisata Danau Sunter, Jakarta Utara, petugas menemukan pelanggar yang mengaku sebagai atlet.
 
Pemuda itu beraktivitas tanpa mengindahkan protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19). Alasan pelanggar PSBB itu sebagai olahragawan pun dimentalkan petugas. Tak pandang bulu, sanksi sosial menyapu trotoar dijatuhkan kepada pria itu.
 
"Di Danau Sunter ini salah satunya banyak aktivitas warga yang melanggar PSBB. Oleh karenanya kita melakukan penindakan, pendisiplinan, ada beberapa juga mereka yang dikenakan sanksi denda," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, di Danau Sunter, Jakarta Utara, Senin, 1 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pria yang mengaku sebagai atlet itu kedapatan tak mengenakan masker. Bersama temannya, pelanggar beradu argumen hingga bersedia membayar denda. Namun, petugas ingin membuat efek jera. Akhirnya, kedua pelanggar diminta menyapu dengan memakai rompi khusus pelanggar PSBB.
 
Sementara itu, kedatangan rombongan petugas gabungan dari Satpol PP, polisi, dan TNI secara mendadak mengejutkan sejumlah warga yang ramai berkerumun di Danau Sunter. Pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang trotoar turut membubarkan diri.
 
Dalam kegiatan ini, petugas juga mengempiskan ban sejumlah sepeda motor warga yang parkir di pinggir jalan sekitar danau dan di atas trotoar. Para pemilik motor ini tak bisa berbuat apa-apa dan terpaksa mendorong sepeda motor mereka.
 
Mengaku Atlet, Pelanggar PSBB Tetap Diberi Sanksi Menyapu
 
Baca: Pengertian Kenormalan Baru dari Pemerintah
 
"Kita ingin mengingatkan kepada seluruh warga Jakarta, bahwa hingga saat ini, Senin, 1 Juni 2020, Jakarta statusnya masih PSBB. Artinya, warga masyarakat Jakarta masih terikat pada aturan-aturan pembatasan sosial," kata Arifin.
 
Danau Sunter memang menjadi salah satu lokasi yang digemari warga untuk berkerumun. Meski dalam masa PSBB, wisata Danau Sunter ini tetap dipenuhi warga dan kerap luput dari pengawasan.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif