Ilustrasi tenaga medis. Medcom.id
Ilustrasi tenaga medis. Medcom.id

Tunjangan Tenaga Medis Penanganan Covid-19 Tak Dipangkas

Nasional Virus Korona
Cindy • 12 Mei 2020 14:39
Jakarta: Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir memastikan tunjangan tenaga medis yang melayani pasien covid-19 (korona) tidak dipangkas. Kebijakan rasionalisasi penyesuaian tunjangan penghasilan pegawai (TPP) hanya berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) yang tak ikut memerangi covid-19.
 
"Bagi para medis, medis, atau tenaga kesehatan melayani covid-19 dikecualikan tidak sama dengan PNS lainnya," kata Chaidir saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Chaidir menjelaskan penyesuaian TPP itu mengacu pada Surat Keputusan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri. Ini akibat pandemi covid-19 yang berdampak pada kontraksi ekonomi sebanyak 53 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga seluruh komponen belanja daerah tak hanya di Jakarta tapi seluruh Indonesia harus menyesuaikan. Di antaranya penyesuaian di DKI itu tunjangan perbaikan penghasilan," papar dia.
 
(Baca: Tunjangan ASN DKI Dipangkas 50 Persen)
 
Chaidir menyebut penyesuaian TPP tetap berlaku bagi tenaga medis yang tidak berhadapan langsung dengan pasien virus korona. Sebab, mereka tak memiliki potensi tinggi terpapar virus yang pertama kali menjangkiti Wuhan, Tiongkok itu.
 
"Kalau tenaga medis dan paramedis yang duduk di belakang meja ya enggak, tetap menanggung pengecualian 50 persen," tegas Chaidir.
 
Sebelumnya, tunjangan ASN DKI dipangkas akibat pandemi covid-19. Pemangkasan ini sebagai bentuk penyesuaian akibat kontraksi ekonomi di Jakarta.
 
"Penyesuaian terhadap (tunjangan) perbaikan penghasilan (TPP) setinggi-tingginya 50 persen," ujar Chaidir saat dihubungi, Senin, 4 Mei 2020.
 
Tunjangan yang dipotong menyesuaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI. Namun, Chaidir memastikan gaji pokok yang diterima tetap sama berdasarkan golongan.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif