NEWSTICKER
Bus-bus sekolah di Jakarta berallih fungsi jadi alat transportasi tenaga medis penanganan covid-19. Medcom.id-Zaenal Arifin
Bus-bus sekolah di Jakarta berallih fungsi jadi alat transportasi tenaga medis penanganan covid-19. Medcom.id-Zaenal Arifin

Bus Sekolah di Jakarta Difungsikan Angkut Tenaga Medis

Nasional Virus Korona
Zaenal Arifin • 23 Maret 2020 16:34
Jakarta: Di tengah aktivitas sekolah di Jakarta yang diliburkan sementara dampak penyebaran covid-19 atau korona, bus-bus sekolah dialihfungsikan. Mulai Senin, 23 Maret 2020, 30 bus sekolah menjadi alat transportasi tenaga medis di rumah sakit daerah milik Pemprov DKI Jakarta.
 
Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI Ali Murthadho mengatakan di hari pertama, operasional bus terbagi dua sif yang diawaki total 60 orang Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP). Sehingga total tenaga PJLP yang ditugaskan hari ini ada 120 orang.
 
"Pada pukul 05.00 WIB tadi semua kru yang bertugas hari ini kita briefing. Kita berikan arahan agar mereka bertugas sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur). Karena tugasnya cukup berat dan ini pengalaman pertama bagi tim Upas," kata Ali Murthadho ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Bus Sekolah di DKI Disemprot Disinfektan
 
Ali mengungkapkan tenaga PJLP yang bertugas dibekali alat pelindung diri (APD) berupa masker dan sarung tangan. Pengemudi dan awak bus tak melepas APD selama menjalankan tugasnya mengantar tenaga medis dari rumah sakit ke rumahnya masing-masing, begitu pun sebaliknya.
 
"Mereka juga akan rutin diperiksa kesehatannya oleh tim medis di rumah sakit di mana mereka menjemput penumpang yang notabene juga tenaga medis," katanya.
 
Ali menjelaskan 30 armada yang beroperasi pukul 05.00 WIB bertugas menjemput tim medis yang baru saja bertugas dalam penanggulangan virus corona di empat RSUD. Yakni RSUD Cengkareng, Pasar Minggu, Tarakan dan RSUK Duren Sawit.
 
"Mereka setiap harinya akan mengantar jemput tim medis dari RSUD ke rumahnya masing-masing dan sebaliknya," paparnya.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif