Ilustrasi MRT Jakarta. ANT/Aprilio Akbar.
Ilustrasi MRT Jakarta. ANT/Aprilio Akbar.

Strategi MRT Hadapi Banjir Jakarta

Nasional banjir jakarta mrt
Candra Yuri Nuralam • 16 Oktober 2019 08:45
Jakarta: Moda Raya Terpadu (MRT) diklaim terbebas dari banjir Jakarta. PT MRT Jakarta telah menyiapkan strategi agar banjir tak memasuki jalur dan menghambat pergerakan ratangga.
 
"Kami sudah melakukan pengecekan drainase sekitar stasiun dan setiap stasiun bawah tanah kami juga memiliki flood barrier di pintu masuk yang dapat dipasang sewaktu muncul risiko banjir," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin kepada Medcom.id, Rabu, 16 Oktober 2019.
 
Kamaludin menjelaskan flood barrier menahan air agar tidak masuk ke dalam jalur MRT. Sedangkan, drainase mengeluarkan air yang sudah masuk ke dalam jalur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PT MRT memastikan drainase dan flood barrier tidak akan tersumbat. PT MRT juga menyiagakan petugas menghadapi potensi banjir tersebut.
 
"Kami sudah latihan, ada regu shift yang siap bekerja 24 jam," ujar Kamaludin.
 
MRT juga menyiapkan sebuah gerbang setinggi pinggang orang dewasa di jalur bawah tanah dan stasiun bawah tanah. Gerbang ini bisa dibuka tutup oleh petugas di sekitar lokasi jika air mulai masuk ke dalam jalur atau stasiun MRT.
 
"Sudah disiagakan personel dan juga sudah dilakukan pelatihan kesiapsiagaan," tutur Kamaludin.
 
Jika air tetap masuk, PT MRT juga menyiapkan pompa untuk menyedot air ke luar jalur. Pompa ini juga bisa menyedot air di luar flood barrier untuk langkah pencegahan.
 
"Kami juga sudah memiliki pompa air yang siap digunakan untuk menyedot air," jelas Kamaludin.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif