Pekerja bersiap melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT) di Stasiun LRT Velodrome, Rawamangun. Foto: Antara/Galih Pradipta.
Pekerja bersiap melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT) di Stasiun LRT Velodrome, Rawamangun. Foto: Antara/Galih Pradipta.

LRT Jakarta Perlu Audit Keselamatan Sebelum Beroperasi

Nasional transjakarta lrt
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Juni 2019 01:42
Jakarta: Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan menyebut PT LRT Jakarta masih harus berbenah sebelum resmi beroperasi. Salah satunya mengaudit keselamatan dan kenyamanan penumpang.
 
"Masyarakat harus diyakinkan dan dipersiapkan betul sistem layanannya," kata Azas kepada Medcom.id, Rabu 12 Juni 2019.
 
Dia mengatakan Lintas Rel Terpadu (LRT) perlu meniru Moda Raya Terpadu (MRT) dengan melakukan audit keselamatan sebelum beroperasi. Apalagi, LRT juga dibekali teknologi canggih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Azas menyayangkan jarak tempuh LRT yang relatif pendek yaitu 5,8 kilometer. LRT hanya melayani rute Kelapa Gading-Velodrome. Di rute tersebut sudah banyak alternatif transportasi lain. Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga berencana memberlakukan tarif sebesar Rp5 ribu.
 
Baca Juga: Alasan LRT Jakarta Tak Kunjung Beroperasi
 
LRT Jakarta harus memastikan ketersediaan rangkaian kereta. Jangan sampai frekuensi kedatangan kereta lebih lama dengan transportasi lain yang tarifnya jauh lebih murah.
 
"Ini menjadi tantangan LRT mengenai tarif dan layanan," ujarnya.
 
Analis kebijakan transportasi itu berpendapat mengatasi layanan tranportasi yang bersinggungan bisa disiasati dengan integrasi. Dia yakin integrasi LRT dengan moda lain bakal menarik minat masyarakat menggunakan LRT.
 
Misalnya, kata dia, penumpang Bus Transjakarta atau Kereta Rel Listrik (KRL) membayar tiket digunakan untuk melanjutkan perjalanan dengan LRT. Sistem ini juga dinilai mempermudah mobilisasi masyarakat.
 
"Kalau (LRT) berdiri sendiri dia tidak akan jadi pilihan dan ditinggalkan," pungkas Azas.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif