Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.
Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.

Pelonggaran PSBB Jakarta Tergantung Masyarakat

Nasional dki jakarta Virus Korona PSBB
Candra Yuri Nuralam • 20 Mei 2020 18:21
Jakarta: Kurva effective reproduction penyebaran virus korona (covid-19) di Jakarta mulai menurun. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta bisa segera dilonggarkan jika masyarakat disiplin menjalankan pembatasan.
 
"Angkanya memang sudah mendekati 1, tetapi tentu persyaratannya organisasi kesehatan dunia (WHO) itu kalau sudah di bawah 1," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu 20 Mei 2020.
 
Untuk melonggarkan PSBB, kurva penyebaran korona harus berada di bawah 1 poin selama dua minggu. Dibutuhkan kepatuhan masyarakat menjalankan PSBB dan protokol kesehatan supaya target tercapai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Baru 60 Persen Warga Jakarta Taat PSBB
 
"Saya kira saya tahu yang bantu DKI adalah juga ahli epidemologi dari Universitas Indonesia bersama-sama Bappenas. Data antara kami dengan DKI Jakarta sinkron," ujar Suharso.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tetap berdiam diri di rumah selama PSBB. Perpanjangan PSBB Tahap III diterapkan mulai Jumat, 22 Mei 2020, hingga Kamis, 4 Juni 2020.
 
"Semakin banyak orang di rumah semakin kecil penularan, semakin banyak orang di luar rumah semakin tinggi penularan," ucap Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Penyebaran korona di Jakarta sempat turun pada April lalu. Namun, temuan kasus kembali naik saat memasuki Ramadan pada Mei 2020.
 
"Kita ketat di siang hari tapi sore dan malam orang banyak keluar," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.
 
Anies meminta masyarakat tetap disiplin berada di rumah baik pagi hingga malam hari. Dia berharap jumlah kasus positif covid-19 tidak kembali naik sehingga Pemprov DKI tak perlu lagi memperpanjang masa PSBB.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif