Anies Ingatkan Tugas Camat-Lurah Sebagai Mediator

Muhammad Al Hasan 25 Oktober 2018 08:11 WIB
Anies Ingatkan Tugas Camat-Lurah Sebagai Mediator
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/ Fachri
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kedudukan aparatur pejabat publik khususnya di tingkat wilayah bertindak sebagai mediator di tengah-tengah masyarakat. Menurut dia dalam kasus-kasus tertentu pejabat publik yang harusnya netral atau menegahi seringkali terjebak dan cenderung memihak.

"Permasalahannya adalah sebagian dari kita justru tidak menyadari bahwa posisinya sebagai orang yang di tengah, tanpa disadari aparatur mengambil posisi berpihak," kata Anies usai menghadiri acara The 5th Asian Mediation Association Conference di Le Merudien Hotel, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2018.

Bahkan dia bilang esungguhnya kepala dinas pun harus bisa memerankan peran menjadi mediator untuk mencari solusi bersama. Terlebih dalam menghadapi kompleksitas permasalahan di DKI Jakarta yang ia nilai memiliki tingkat gesekan kepentingan yang tinggi.

Oleh karenanya Anies sangat mendukung acara  
Asian Mediation Association Conference. Ia berharap agar para ahli yang berkumpul di acara bisa berbagi dan membekali aparatur pemerintah di Pemprov DKI Jakarta.

"Saya sampaikan bahwa camat, lurah dan dinas-dinas yang memiliki potensi mengelola dan berhadapan dengan friksi mengikuti program sebagai mediator.  Jadi saya menyambut baik konfrensi ini," pungkas dia.

(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id