Korban Longsor di Jaktim Bangun Rumah di Lahan Hijau

Nur Azizah 27 November 2018 08:55 WIB
tanah longsor
Korban Longsor di Jaktim Bangun Rumah di Lahan Hijau
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi longsor di Jakarta Timur - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi longsor di RT 7 RW 05 Kalisari, Jakarta Timur. Sesampainya di sana, Anies langsung mengecek status pemanfaatan lahan tersebut.

"Status lahannya ini adalah lahan hijau yang tidak seharusnya dibuat bangunan," kata Anies di Kalisari, Jakarta Timur, Selasa, 27 November 2018.

Ia menyayangkan banyaknya bangunan yang berdiri di lahan hijau. Parahnya, bangunan tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).


"Penuh dengan bangunan dan hampir pasti semuanya tidak punya IMB. Jadi, ini bangunan tanpa izin dan tidak memperhitungkan kekuatan struktur lahan," ungkap dia.

(Baca juga: Tanah di Kampung Lodan Tiba-tiba Ambles)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menambahkan lahan tersebut telah memiliki tanda dilarang mendirikan bangunan. Pasalnya, terdapat saluran air besar di titik tersebut.

"Itu ada tandanya bawah itu ada saluran air besar yang tidak ada oultet-nya. Jadi, bisa menggerus tanah terus-menerus akhirnya longsor," ungkap Anies.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta kemarin membuat sebidang tanah di Kalisari longsor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.45 WIB.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id