Bus TransJakarta melintasi Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Bus TransJakarta melintasi Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Foto: MI/Bary Fathahilah.

TransJakarta Tambah 126 Bus di Malam Tahun Baru

Nasional transjakarta perayaan tahun baru
Nur Azizah • 30 Desember 2018 12:05
Jakarta: PT TransJakarta akan menambah 126 armada di sejumlah koridor saat malam Tahun Baru 2019. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat malam pergantian tahun.
 
Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan, koridor yang akan mengalami penambahan yakni koridor 1 jurusan Blok M-Kota, koridor 5 jurusan Ancol-Kampung Melayu, dan koridor 7 rute Kampung Rambutan-Ancol. Tak hanya menambah armada, bus-bus tersebut juga akan beroperasi 24 jam.
 
"Ini untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan TransJakarta dan memberikan kenyamanan serta kemudahan akses bagi penumpang," kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu, 30 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus bus TransJakarta koridor 1 dan koridor 2 (Pulogadung–Harmoni) kemungkinan akan mengalami pengalihan rute. Namun, hal ini belum dapat dipastikan.
 
"Pengalihan rute dilakukan secara situasional dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas yang ada," ungkapnya.
 
Baca juga: 16 Ruas Jalan di DKI Ditutup saat Malam Tahun Baru
 
Adapun masyarakat yang ingin berkeliling Jakarta dapat memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma. Ada tujuh layanan bus gratis yang disediakan, yaitu History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda, dan Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.
 
Ada juga Art and Culinary (BW3) dengan rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota. Kemudian, Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.
 
Lalu, RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota. Ada juga rute menuju Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok. Layanan bus wisata gratis yang terakhir Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif