NEWSTICKER
Petugas Damkar menyemprot cairan disinfektan di sejumlah titik di Jakarta Utara. Medcom.id-Yurike Budiman
Petugas Damkar menyemprot cairan disinfektan di sejumlah titik di Jakarta Utara. Medcom.id-Yurike Budiman

Jalan Protokol di Jakut Disemprot Disinfektan

Nasional Virus Korona
Yurike Budiman • 22 Maret 2020 17:32
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menyemprot cairan disinfektan di berbagai fasilitas umum dan jalan protokol. Salah satunya di wilayah Jakarta Utara yang ramai lalu-lalang orang dan kendaraan umum.
 
Kepala Pleton Sektor Cilincing Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Dede Budi, mengatakan ada empat titik di wilayah Jakarta Utara yang dilakukan penyemprotan disinfektan.
 
"Jalur penyemprotannya di antaranya, Jalan Yos Sudarso, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Plumpang Raya, Semper dan Boulevard Kelapa Gading sampai ke Pasar Mandiri," ujar Dede, saat ditemui di Plumpang, Minggu, 22 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Titik penyemprotan jalan protokol Yos Sudarso diawali dari simpang Mambo sampai dengan ITC Cempaka Mas. Kemudian dari ITC Cempaka Mas penyemprotan mengarah ke Pulo Gadung, kemudian balik kanan.
 
"Ketiga, dari Pasar Ular hingga Semper Barat. Terakhir dari Kelapa Gading hingga Pasar Mandiri," jelasnya.
 
Tak hanya jalan, fasilitas umum seperti halte Transjakarta, jembatan penyeberangan orang (JPO), dan juga halte bus turut disemprot personel damkar.
 
"Untuk fasilitas umum, kita sistem penyemprotan dengan menggunakan personel yaitu khususnya, setiap halte busway dan JPO yang ada di jalur Yos Sudarso, kita semprot, terkait pencegahan covid-19. Para personel juga menggunakan alat pelindung diri (APD), satu titik ini saja ada 10 personel yang kami kerahkan," jelasnya.
 
Sementara untuk penyemprotan jalan protokol menggunakan satu unit pompa damkar yang berisi cairan disinfektan. Kegiatan ini sempat tertunda sekitar 30 menit lantaran hujan yang mengguyur Jakarta Utara.
 
"Kalau hujan, dihentikan sementara dulu. Karena ini mengandung kaporit, jadi seharusnya dia diam di fasilitas umum dan di jalan-jalan, nanti malah mengalir terbuang kalau diteruskan," tutupnya.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif