Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

Pemprov DKI Dinilai Tak Serius Susun RKPD 2021

Nasional dki jakarta pemprov dki dprd dki jakarta
Cindy • 28 November 2020 12:07
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai tak serius menanggapi hasil reses dewan terkait Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021. Tuntutan DPRD DKI Jakarta tidak direalisasikan.
 
"Ini terbukti dengan hanya diakomodidasinya hasil reses kedua Tahun 2019, sedangkan yang pertama tidak," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 28 November 2020.
 
Zita mengatakan DPRD DKI tidak pernah diajak berdiskusi dalam pengkajian hasil reses. Padahal, dewan yang paling paham keinginan warga DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang lebih tahu kami, siapa yang minta, lokasi detailnya di mana, dan apa masalahnya. Akhirnya, hasil reses mayoritas tidak diakomodasi dengan alasan yang tidak jelas," ucap dia.
 
Anggota DPRD DKI Fraksi PAN itu berharap Pemprov DKI benar-benar memperhatikan hasil reses dewan dalam RKPD 2021. Sebab, hasil reses merupakan usulan dan tuntutan yang datang dari warga.
 
"Dan ini hak kami juga sebagai dewan untuk dimasukkan usulannya ke dalam RKPD. Jelas dijamin dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 (Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota)," kata Zita.
 
Selain itu, diatur juga dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang Daerah. Serta Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Terpadu.
 
Pemprov DKI diminta serius menyikapi hasil reses yang membahas uang rakyat dan hajat 10,57 juta jiwa di Jakarta. Zita menegaskan hasil reses dewan harus masuk ke dalam RKPD 2021.
 
"Kedepannya pun Pemprov DKI harus lebih baik, tunjukan itu dengan pembahasan yang tepat waktu sesuai Permendagri dan siap berkomitmen untuk mengakomodasi seluruh keinginan warga di Jakarta," kata Zita.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif