Polisi mengatur lalu lintas dalam rangka penerapan ganjil genap. Foto: MI/Ramadani
Polisi mengatur lalu lintas dalam rangka penerapan ganjil genap. Foto: MI/Ramadani

Ancol Siapkan Kantong Parkir di Tengah Sistem Gage, Ini Kata Polisi

Nasional polri DKI Jakarta penembakan polisi Hukum Penegakan Hukum sistem ganjil genap Taman Impian Jaya Ancol
Siti Yona Hukmana • 18 September 2021 02:00
Jakarta: Pengelola Taman Impian Jaya Ancol menyediakan kantong parkir bagi pengunjung di luar kawasan ganjil genap (gage). Penyediaan kantong parkir itu berpotensi membuat kebijakan gage di kawasan Ancol tidak efektif. 
 
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penerapan sistem gage di kawasan wisata memasuki hari pertama. Polisi nanti akan mengevaluasi pelaksanaan gage hari ini. 
 
"Hari ini kan pertama (penerapan ganjil genap di kawasan wisata). Tentu ada trial and error, kita akan lihat bagaimana sistemnya," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 17 September 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sambodo, kebijakan ganjil genap di kawasan wisata bertujuan mencegah kerumunan. Wisata Ancol dibuka dengan pembatasan pengunjung agar roda ekonomi tetap berjalan. 
 
"Yang penting situasi di dalam kawasannya itu yang tidak terjadi kerumunan. Jadi kesehatan tetap bisa berjalan, ekonomi di tempat wisata juga tetap bisa hidup," ujar Sambodo. 
 
Sebelumnya, disampaikan pengunjung Ancol yang sudah terlanjur beli tiket namun terkendala gage tetap bisa masuk, dengan catatan tidak membawa masuk kendaraan. Ancol menyediakan kantong parkir kendaraan pengunjung di luar kawasan wisata. 
 
Baca: Daerah Penyangga Jakarta Dipersilakan Terapkan Crowd Free Night dan Gage
 
Ada dua kantong parkir yang disediakan, yakni di Hailai dan di Pantai Karnaval. Ganjil genap di kawasan Ancol Diterapkan di Gerbang Barat dan Gerbang Timur, menjelang pintu masuk wisata.
 
Ketentuan gage di sekitar objek wisata diatur Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19. Regulasi ini menjadi tindak lanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. 
 
Sistem ganjil genap menuju dan dari tempat wisata diterapkan mulai hari ini Jumat, 17 September 2021. Kebijakan ini berlaku setiap Jumat-Minggu mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif