NEWSTICKER
Uji coba bus listrik TransJakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat.  Foto: MI/Rifaldo Irianto
Uji coba bus listrik TransJakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Foto: MI/Rifaldo Irianto

Bus Listrik TransJakarta Narik Penumpang di Monas

Nasional bus listrik
Antara • 24 Desember 2019 15:00
Jakarta: PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meluncurkan bus listriknya untuk melayani penumpang pada musim liburan akhir 2019 ini. Kendaraan ramah lingkungan itu bisa dijajal warga Ibu Kota tanpa dipungut bayaran di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.
 
"Momentum Natal dan tahun baru kali ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan bus listrik secara lebih luas lagi,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo di Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.
 
Menurut dia, layanan bus listrik gratis di kawasan wisata ini tersedia mulai hari ini hingga Kamis, 2 Januari 2020. Bus ini beroperasi pukul 10.00-18.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadia menjelaskan ini kali kedua bus listrik TransJakarta meluncur di Ibu Kota. Bus listrik ini pernah digunakan di kawasan wisata lainnya, yaitu Kota Tua, pada Juni 2019.
 
Saat itu, uji coba bus disambut antusias masyarakat. Bus yang dapat beroperasi dengan minim suara ini tercatat mengangkut sebanyak 13 ribu pelanggan.
 
Bus listrik ini berkapasitas baterai 324 kWh dengan kemampuan fast charging sehingga dapat mengisi tenaga hanya 2-3 jam. Dengan baterai penuh, bus bisa menempuh jarak 250 kilometer.
 
Rencananya, bus listrik akan dipakai pada 2020. Namun, operasional bus ini masih dalam tahapan penelitian.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif