Lahan bekas kebakaran di Jatinegara, Jaktim. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Lahan bekas kebakaran di Jatinegara, Jaktim. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Balita Korban Kebakaran Jatinegara Butuh Bantuan

Nasional kebakaran rumah
Sri Yanti Nainggolan • 24 September 2019 14:02
Jakarta: Bantuan untuk korban kebakaran Jatinegara, Jakarta Timur, terus kedatangan. Namun, kebutuhan anak para pengungsi masih luput dari perhatian.
 
Penanggung jawab Posko Kebakaran Rawa Bunga 01, Iwang, menyebut bantuan yang datang didominasi pakaian dan makanan. Sementara itu, perlengkapan balita dan alat sekolah masih minim.
 
"Baru sedikit (penyumbang) yang peka pada hal itu," kata Iwang kepada Medcom.id di Posko Kebakaran Rawa Bunga 01, Selasa, 24 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, ada 20 balita yang mengungsi di Rawa Bunga. Mereka membutuhkan popok, minyak telon, dan alat kebersihan untuk anak kecil. Namun, Iwang tak menyarankan untuk menyumbangkan susu bayi.
 
"Kita takutnya malah tidak cocok, jadi sakit perut," tambah dia.
 
Selain itu, perlengkapan mandi juga dibutuhkan. Sabun, sampo, dan pasta gigi cenderung disepelekan. Padahal, kebutuhan ini bersifat jangka pendek yang dibutuhkan segera.
 
Para pengungsi Rawa Bunga saat ini membersihkan diri di toilet Masjid Al-Barokah, yang jadi tempat mengungsi. Selain itu, Pemerintah Kota Jakarta Timur juga menyediakan dua toilet portabel.
 
Kebakaran melanda RT 03 dan RT 04 di RW 01, Jalan Kemuning Bendungan atau Pasar Burung, Kelurahan Rawa Bunga, Sabtu, 21 September 2019. Sebanyak 103 rumah ludes terbakar. Hanya 5 rumah yang selamat. Sebanyak 118 keluarga dengan 318 jiwa terpaksa mengungsi.
 
Api juga menyambar ke RT 09 RW 06 Kelurahan Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, yang lokasinya berdekatan. Sebanyak 26 rumah terbakar sehingga 26 keluarga atau 72 jiwa kehilangan tempat tinggal.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif