Pemeriksaan Rapid Test. Istimewa.
Pemeriksaan Rapid Test. Istimewa.

24 Tahanan Rutan Pondok Bambu Positif Covid-19

Nasional Virus Korona virus corona
Zaenal Arifin • 12 Mei 2020 14:45
Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga mengungkapkan 24 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, positif covid-19. Kondisi tahanan ini terdeteksi dalam rapid test.
 
"Dari pemeriksaan hasil kerja sama dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur dan Puskesmas Duren Sawit, terdapat 24 orang warga binaan yang hasil rapid test-nya reaktif," kata Reynhard saat menggelar rapat pimpinan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Selain 24 narapidana yang positif covid-19, ada dua orang petugas Rutan Pondok Bambu yang diidentifikasi positif virus korona berdasarkan pemeriksaan rapid test. Sebanyak 12 warga binaan positif setelah diuji lewat metode reaksi berantai polimerase (PCR). Mereka dikarantina di Rumah Sakit Pengayoman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua petugas menjalani isolasi mandiri di rumah dan diperintahkan melapor ke puskesmas atau rumah sakit rujukan covid-19. Sementara, 12 warga binaan lain yang hasilnya reaktif saat rapid test diisolasi mandiri di kamar karantina Rutan Pondok Bambu.
 
"Sambil menunggu hasil swab yang rencananya akan dilakukan pada 12 Mei 2020 oleh Puskesmas Duren Sawit Sudinkes Jaktim," jelas Reynhard.
 
Ia menekankan semua penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas), Rutan, dan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) akan ditangani serius sesuai dengan protokol kesehatan penanganan covid-19.
 
Rapid test berlangsung selama tiga hari pada 9-11 Mei 2020. Rapid test diberikan kepada 115 petugas rutan, dua petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, 309 warga binaan, dua bayi, sembilan orang pegawai kejaksaan, dan 12 orang pihak eksternal.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif