Sejumlah rangkaian KRL terpakir di Dipo Depok, Jawa Barat, Senin, 23 Maret 2020. Antara/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah rangkaian KRL terpakir di Dipo Depok, Jawa Barat, Senin, 23 Maret 2020. Antara/Asprilla Dwi Adha

Waspada Naik KRL di Senin Pagi dan Jumat Sore

Nasional Virus Korona PSBB
Cindy • 15 Mei 2020 15:20
Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meminta masyarakat tak memaksakan diri naik kereta rel listrik (KRL) yang melebihi kapasitas sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, penumpukan penumpang kerap terjadi pada Senin pagi dan Jumat sore.
 
"Jumlah penumpang terlihat menumpuk hanya pada jam-jam tertentu, khususnya menjelang buka puasa," kata Kepala BPTJ Polana B Pramesti lewat keterangan tertulis, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Selama PSBB, lanjutnya, pelayanan KRL dibatasi hanya maksimal 35 persen jumlah penumpang. Jadwal operasional KRL juga ikut dipangkas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembatasan tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan aturan PSBB dan sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah," ujarnya.
 
Waspada Naik KRL di Senin Pagi dan Jumat Sore
 
Meski demikian, ada 11 sektor masuk pengecualian selama masa PSBB. Mau tak mau KRL harus tetap beroperasi dengan pembatasan untuk melayani masyarakat yang masih beraktivitas tersebut.
 
"(Beroperasi) dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan," sambung Polana.
 
Dia meminta masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku terkait operasional KRL selama masa PSBB. Polana mengimbau masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk tetap tinggal di rumah.
 
"Hal ini tidak terlepas dari semangat diimplementasikannya kebijakan PSBB, yakni membatasi mobilitas masyarakat di luar rumah yang dikhawatirkan berpotensi mempercepat penyebaran virus korona (covid-19),” jelas Polana.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif