Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. ANT/Jaya Kusuma.
Ilustrasi banjir di Kuningan, Jakarta Selatan. ANT/Jaya Kusuma.

Pengendara Motor Diizinkan Masuk Tol Ketika Banjir

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Yurike Budiman • 11 Januari 2020 08:10
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem terjadi hingga 15 Januari 2020. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan pengendara roda dua diizinkan masuk jalan tol jika jalur arteri terendam banjir.
 
"Itu diskresi saja, situasional ya. Kalau memang jalan alternatif itu satu-satunya yang dipakai tol, ya sudah kami pakai tol," kata Yusuf di Hutan Kota Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Yusuf mengatakan hal itu berlaku sementara. Pengemudi roda dua tak boleh melewati jalan tol jika genangan di jalur arteri surut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi telah memetakan titik banjir di beberapa ruas tol di Jakarta. Polisi akan merekayasa lalu lintas jika banjir terjadi.
 
"Kalaupun itu terjadi banjir, petugas kami sudah siap melaksanakan rekayasa lalu lintas," ujarnya.
 
Sejumlah titik banjir yang telah diantisipasi antara lain, jalan di depan Universitas Trisakti, kawasan Cawang menuju Bogor atau Tol Jagorawi, Tol Cikampek arah Tanjung Priok, dan kawasan Tambun di Bekasi Timur.
 
Sebelumnya, PT Jasa Marga mengeluarkan imbauan larangan pengendara motor masuk jalan tol, kecuali ada instruksi dari Kepolisian. Imbauan dikeluarkan karena hampir seluruh ruas jalan ibu kota direndam banjir.
 
"Jasa Marga mengimbau pengendara kendaraan roda dua dilarang untuk memasuki area jalan tol. Berbahaya," kata Corporate Communicaton & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, Jakarta, Kamis, 2 Januari 2020.
 


 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif