Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta)

Mendagri Dukung Kebijakan Anies Mendata Pendatang

Nasional pemprov dki
Dheri Agriesta • 10 Juni 2019 16:18
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mendata pendatang baru yang tiba di ibu kota. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendukung kebijakan itu.
 
"Jadi, apa yang disampaikan Pak Anies benar, untuk Pemda DKI yang ingin mendata penduduknya itu silakan saja," kata Tjahjo di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.
 
Tjahjo mengatakan DKI Jakarta merupakan jantung pemerintahan. Setiap warga negara memiliki hak untuk datang dan mengadu nasib di ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, para pendatang yang mengadu nasib ini harus memiliki kartu tanda penduduk sesuai wilayah domisili. Apalagi, jika berniat mencari pekerjaan dan menetap di ibu kota.
 
Baca juga:Pendatang Baru di DKI Akan Didata
 
"Kalau berniat tinggal di Jakarta, berniat bekerja di Jakarta, secara profesional ya dia harus mempunyai KTP di Jakarta," kata Tjahjo.
 
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta bakal mencatat seluruh pendatang baru dalam kurun tujuh hari setelah Lebaran. Pendataan akan dimulai pada 14 hingga 25 Juni 2019.
 
Kadis Dukcapil DKI Dani Sukma mengatakan pendataan awal dimulai dari tingkat RT dan RW. Dengan begitu, pendataan baru akan teridentifikasi wilayah mana saja yang dominan.
 
"Setelah itu, 26 Juni hingga 3 Juli 2019, kita akan melakukan layanan bina kependudukan," kata Dani di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juni 2019.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif