Ilustrasi Taman Margasatwa Ragunan. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi Taman Margasatwa Ragunan. MI/Andri Widiyanto

Tidak Bisa Masuk Ragunan, Warga Keluhkan Minimnya Sosialisasi Daftar Online

Nasional DKI Jakarta kebun binatang Virus Korona pandemi covid-19 Ramadan 2021
Aria Triyudha • 16 Mei 2021 01:26
Jakarta: Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dipadati pengunjung pada H+2 Lebaran 2021. Namun, banyak pengunjung yang tidak bisa masuk Ragunan karena belum daftar online.
 
"Sosialisasi minim, saya belum tahu kalau harus daftar online lebih dahulu, " kata warga Pancoran, Anto, di depan Pintu Masuk Parkir Motor Utara Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Menurut dia, pihak Ragunan seharusnya lebih masif menyosialisasikan pendaftaran online. Sosialisasi jangan hanya melalui pemberitaan di media elektronik. Pihak Ragunan juga bisa memanfaatkan penyebaran informasi lewat selebaran agar sosialisasi berjalan efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pilih pulang saja, karena besok mau istirahat untuk mulai masuk kerja hari Senin," ujar Anto yang datang naik motor bersama istri dan seorang anaknya.
 
Alim, warga Senen, juga mengaku belum mengetahui informasi tentang pendaftaran online untuk masuk Ragunan. "Kalau begitu, saya daftar online hari ini agar bisa datang besok," ujar Alim.
 
Petugas keamanan Ragunan Irvan mengatakan banyak pengunjung yang tidak bisa masuk karena belum melakukan pendaftaran online sejak pagi tadi. Pendaftaran online harus dilakukan satu hari sebelum berkunjung ke Ragunan.
 
Dia pun mengarahkan masyarakat yang tidak bisa masuk untuk melihat mekanisme pendaftaran online di pagar pintu masuk Ragunan. "Prosedurnya bisa dilihat di spanduk itu," kata Irvan kepada salah seorang warga.
 
Dia menjelaskan pendaftar online harus memiliki KTP domisili DKI Jakarta. Sebanyak satu KTP DKI bisa untuk lima orang.
 
"Bagi yang sudah mendaftar, pengunjung akan diverifikasi untuk memperlihatkan bukti pendaftaran di loket pintu masuk," ujar dia.
 
Baca: Tempat Wisata Masih Bergeliat, 27 Ribu Orang Kunjungi TMII Hari Ini
 
Pihak pengelola Ragunan juga membatasi pelayanan loket hingga pukul 14.00 WIB. Pembatasan juga meliputi jumlah pengunjung yang hanya boleh mencapai 30 persen untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
"Kami ambil rata-rata 100 ribu per hari saat lebaran. Sekarang pengunjung dibatasi 30 persen dari situasi normal. Jadi sekitar 30 ribu pengunjung," kata Staf Bagian Pelayanan Informasi Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif