Massa terlibat bentrokan saat aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Massa terlibat bentrokan saat aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Pengalihan Lalu Lintas Imbas Demo di Istana Merdeka

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Siti Yona Hukmana • 20 Oktober 2020 06:26
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Hal ini guna mengantisipasi kemacetan imbas demo penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) .
 
"Pengalihan lalin tersebut bersifat situasional, yang akan diterapkan jika massa pedemo menghalangi sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta Pusat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo kepada Medcom.id, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Demo tepat satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini digelar serikat buruh dan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Mereka kembali turun ke jalan menolak omnibus law serta ingin bertemu Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unjuk rasa itu rencananya digelar di depan Istana Merdeka. Namun, polisi memusatkan pedemo di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat.
 
Berikut rencana pengalihan arus lalin di sekitar kawasan Istana Merdeka:
 
1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light (TL) Harmoni.
 
2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
 
3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
 
4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda Arjuna Wijaya dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.
 
5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
 
Baca: Provokasi Demo Rusuh, Admin Medsos STM se-Jabodetabek Ditangkap
 
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis, dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Muesum diluruskan ke Jalan Majapahit.
 
7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif