Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

DPRD DKI Gelar Rapat Paripurna APBD Perubahan 2020 pada Selasa Depan

Nasional dki jakarta apbd dprd dki
Hilda Julaika • 31 Oktober 2020 05:18
Jakarta: DPRD DKI akan menggelar rapat paripurna Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 pada Selasa, 3 November 2020. Sebagian besar pos anggaran akan mengalami pemotongan lantaran APBD tahun ini defisit Rp3,7 triliun.
 
"Semua rata-rata dipotong kecuali anggaran terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gubernur, untuk banjir, dan yang terkait langsung dengan masyarakat, serta untuk peningkatan perekonomian masyarakat," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz saat dikonfirmasi, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Anggota Komisi C DPRD DKI Fraksi Partai NasDem Ahmad Lukman Jupiter memaparkan beberapa pos anggaran yang terpaksa harus dipotong. Di antaranya, pengajuan Penyertaan Modal Daerah (PMD), Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Perdagangan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DPRD DKI Mulai Bahas APBD Perubahan 2020 dan APBD 2021
 
Jupiter mengatakan pertimbangan dari pemotongan anggaran ini karena APBD DKI 2020 defisit. Pendaptaan Asli Daerah (PAD) DKI menurun hingga 68 persen. Sementara itu, anggaran tidak mencukupi untuk dinas-dinas yang mengajukan belanja pegawai belanja langsung maupun belanja tidak langsung.
 
"Pendapatan berkurang maka hampir seluruh dinas kita potong. Kecuali Dinas Kesehatan, Dinas Satpol PP, gaji untuk Dishub enggak kami potong," ujarnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif