Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Medcom.id/Nur Azizah
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Medcom.id/Nur Azizah

Ketua DPRD DKI Tegaskan Tak Ada Kenaikan Gaji Dewan

Nasional dki jakarta pemprov dki dprd dki jakarta apbd kisruh apbd dki
Sri Yanti Nainggolan • 04 Desember 2020 20:47
Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan kenaikan Rencana Kerja Tahun (RKT) 2021 bukan karena kenaikan gaji anggota DPRD DKI. Gaji legislatif tak mungkin naik bila gaji eksekutif tak naik.
 
"Ini yang perlu diluruskan mengenai narasinya, bahwa tidak ada sama sekali kenaikan gaji, tetapi kalau penambahan kegiatan, iya," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Ia menjelaskan penambahan kegiatan DPRD telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan DPRD. Kemudian, DPRD DKI membentuk panitia khusus (Pansus) untuk membicarakan mekanisme kegiatan tersebut.
 
"Di sana lah semua dimatangkan seluruh rancangan program kegiatan DPRD DKI selama satu tahun," papar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Detail Penaikan Tunjangan Legislator DKI)
 
Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan gaji dewan tak akan naik selama gaji gubernur tak naik. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan DPRD. Aturan menyebut gaji anggota DPRD hanya 75 persen dari gaji gubernur, wakil ketua DPRD 80 persen dari gaji gubernur, dan ketua DPRD sama kedudukan gajinya dengan gubernur.
 
Prasetyo menjelaskan kenaikan RKT 2021 masih usulan yang seluruh komponennya masih akan dievaluasi dalam Rapat Pimpinan (Rapim) DPRD DKI Jakarta. Meskipun, disetujui di tingat Rapim, keputusan akhir ada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
"Masih ada evaluasi dari Kemendagri yang merupakan keputusan akhir dari perjalanan panjang proses pembahasan APBD Provinsi DKI," tutur dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif