Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Anies Sempat Berdiskusi dengan Jokowi soal Normalisasi Sungai

Nasional normalisasi sungai
Nur Azizah • 27 Desember 2018 15:40
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempet berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo, soal normalisasi sungai di Jakarta. Keduanya berdiskusi saat mengunjungi proyek pembangunan Bendungan Ciawi, Jawa Barat.
 
"Kemudian kita diskusi mengenai lebar sungai. Pak Presiden menyebut istilahnya normal (normalisasi)," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Anies mengakui banyak sungai yang telah mengalami penyempitan. Penyempitan tersebut berdampak pada kapasitas sungai dalam menampung debit air. "Akhirnya ada genangan di kanan dan kirinya, karena lebarnya sungai itu mengecil," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Mendikbud ini menyebut Pemprov DKI Jakarta memiliki pekerjaan rumah yang belum dituntaskan. Pekerjaan rumah yang dimaksud Anies ialah pembebas lahan di Bidara Cina, Jakarta Timur.
 
"Itu dalam proses (pembebasan). Mudah-mudahan hari Senin besok kita akan ada pertemuan khusus soal itu," ucap Anies.
 
Baca: Pengendalian Banjir Jakarta di Hulu dan Hilir Sungai Ciliwung
 
Kemarin, 26 Desember 2018, Anies dan Jokowi meninjau proyek pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi, Bogor. Proyek ini dipercaya bisa mengurangi banjir di Jakarta hingga 30 persen.
 
Bendungan Sukamahi memiliki volume tampung 1,68 juta meter kubik atau bisa menampung 56 meter kubik air per detik. Sedangkan Bendungan Ciawi mempunyai volume tampung 6,45 juta kubik air atau 365 meter kubik air per detik.
 
Dua bendungan ini, diyakini akan memperlambat peredaran air dari Bogor ke Jakarta. Karena, kedua bendungan akan menampung air terlebih dahulu, sebelum dialirkan ke Bendungan Katulampa.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi