Ilustrasi polusi. MI/Ramdani.
Ilustrasi polusi. MI/Ramdani.

Udara Jakarta Tak Baik Untuk Bayi dan Manula

Nasional polusi udara
Candra Yuri Nuralam • 04 Juli 2019 12:39
Jakarta: Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) M.R. Karliansyah mengatakan udara Jakarta saat ini tak sehat buat masyarakat tertentu. Udara Jakarta dinilai berbahaya bagi bayi dan manula.
 
"Bila menggunakan data gabungan AQMS KLHK dan Pemerintah DKI Jakarta, maka kualitas udara Jakarta berada pada konsentrasi 39,04 µg/Nm3 atau pada kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif (bayi dan manula)," kata Karliansyah kepada Medcom.id, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Baca: Atasi Polusi Udara, DKI Terapkan Hujan Buatan Medio Juli

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karliansyah menambahkan, melihat data AQMS KLHK di Gelora Bung Karno, tercatat rata-rata harian jenis polutan partikulat PM2,5 di Jakarta sejak 1 Januari hingga 24 Juni 2019, sebesar 30,64 µg/Nm3. Angka itu masih rendah dibandingkan Baku Mutu Udara Ambien Nasional sebesar 65 µg/Nm3.
 
Namun, berdasarkan standar World Health Organization (WHO), kualitas udara Jakarta masuk kategori sedang. WHO memasang standar di angka 25 µg/Nm3.
 
Jika mengacu pada pengukuran manual Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2015 dan 2016, udara Jakarta masih tergolong bagus. Kesimpulan juga sama jika melihat kualitas udara per wilayah administrasi.
 
"Tetapi jika dilihat per parameter dan per wilayah administrasi, maka udara Jakarta tidak dapat dikatakan makin membaik atau makin menurun, melainkan relatif konstan," tutur Karliansyah.
 
Baca: Penanganan Polusi Jakarta Butuh Langkah Jangka Panjang
 
Berdasarkan data Air Visual 2017 yang dikelola lembaga swadaya masyarakat di Beijing, Tiongkok, dijelaskan kualitas udara Jakarta berdsarakan data rata-rata partikulat PM2,5 berada pada urutan 160, yaitu pada angka 29,7 µg/Nm3 atau kategori sedang.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif