Pemandangan kampung warna-warni dari seberang. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Pemandangan kampung warna-warni dari seberang. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Warna-warni di Pemukiman Flyover Tapal Kuda Dinilai Tak Berumur Panjang

Nasional dki jakarta pemprov dki
Sri Yanti Nainggolan • 19 Januari 2021 12:03
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya mempercantik pemukiman di area flyover Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pengecatan warna-warni di atap rumah penduduk tersebut dinilai tak akan bertahan lama.
 
"Keindahan model seperti ini tak akan berumur panjang, akan selesai dengan sendirinya ketika cat memudar," kata pengamat tata kota Nirwono Joga saat dihubungi, Selasa, 19 Januari 2021.
 
Dia mengapresiasi upaya estetika itu, tapi ada dua catatan. Pertama, pengecatan baiknya tidak asal-asalan agar tak merusak visual kota. Pewarnaan harus dirancang dengan matang dari pemilihan warna, gradasi, hingga tema yang kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, dibutuhkan pemeliharaan dan pengecatan ulang untuk mempertahankan kecantikan tersebut. "Siapa yang akan menanggung biayanya, tentu tidak bisa dibebankan ke pemilik rumah (warga)," kata dia.
 
Baca: Akses Menuju Kampung Warna-warni Belum Memadai
 
Di sisi lain, Nirwono menyebut keberhasilan konsep mempercantik kota seperti itu pada dasarnya bergantung pada kesadaran warga. Beberapa daerah di dalam maupun luar negeri yang sudah menerapkan konsep ini, tujuan utamanya adalah menampilkan kebersihan dan keindahan kampung.
 
"Bonusnya tentu menjadi destinasi wisata jika memiliki konsep tematik yang kuat dan ada kegiatan menarik lainnya, tidak sekedar instagramable," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif