Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah. MI/Rommy Pujianto
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah. MI/Rommy Pujianto

Mendampingi Jokowi Hingga Anies, Inilah Profil Sekda DKI Jakarta Saefullah

Nasional Virus Korona Sekda DKI Saefullah
Surya Perkasa • 16 September 2020 16:47
Jakarta: Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah meninggal akibat covid-19. Aparatur sipil negara (ASN)kelahiran 11 Februari 1964, di Sungai Kendal, Cilincing, Jakarta Utara, ini telah mengabdi lama untuk tanah kelahirannya.
 
Saefullah yang tamat dari Sekolah Pendidikan Guru 4 Jakarta (1982) dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta (1988) memilih menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tak sampai 20 tahun mengabdi, dia dipercaya memimpin Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat pada 2003.
 
Kerjanya pun dipercaya banyak gubernur DKI. Kariernya makin melejit saat kepemimpinan Fauzi 'Foke' Bowo, Joko Widodo (Jokowi), Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama, hingga Anies Baswedan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bang Ipul, begitu rekannya menyapa, menjadi wakil kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta pada 2008. Setahun kemudian, dia diangkat menjadi kepala Dinas Pemuda dan Olahraga pada 2009.
 
Baca: Sekda DKI Sosok Penuh Tanggung Jawab
 
Setelahnya, Saefullah ditunjuk memimpin wilayah administrasi Jakarta Pusat. Sekitar 5 tahun menjadi wali kota Jakarta Pusat, Saefullah diangkat Ahok yang saat itu menjabat pelaksana tugas (plt) Gubernur DKI menjadi Sekretaris Daerah DKI Jakarta pada 11 Juli 2014.
 
Bang Ipul tetap dipercaya Djarot, pengganti Ahok, menjadi Sekda DKI Jakarta. Anies yang dilantik pada 17 Oktober 2020 tetap memercayai Saefullah menjadi pemimpin keadministrasian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
Dia juga terlibat bersama Anies berjibaku melawan pandemi virus korona di Jakarta. Beragam cara dilakukannya bersama Anies untuk menekan penyebaran covid-19 di Ibu Kota.
 
Namun, Saefullah harus tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu siang, 16 September 2020. Ia meninggal karena gagal napas akibat virus korona yang diperanginya.
 
Baca: Sekda DKI Saefullah Meninggal karena Covid-19

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif