Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.jpg
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.jpg

Masyarakat Diminta Tak Keluyuran saat Work From Home

Nasional Virus Korona sistem ganjil genap
Fachri Audhia Hafiez • 02 Agustus 2020 10:58
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta masyarakat tak keluyuran meski mendapat jatah bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sebab, Pemprov DKI telah meminta perusahaan mengatur jam masuk karyawan sesuai pelat ganjil genap.
 
"Warga begitu mendapatkan jadwal bekerja dari rumah tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan perjalanan yang tidak penting," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu, 2 Agustus 2020.
 
Ia berharap perusahaan menyesuaikan jam masuk bagi pelat nomor kendaraan karyawannya yang tidak memadai. Sebab, Ibu Kota kembali macet di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi pekerja yang memiliki pelat nomor kendaraan angka ganjil bekerja di tanggal ganjil, maka otomatis yang bersangkutan akan ke kantor. Begitu juga sebaliknya mendapatkan jadwal kerja dari rumah pada tanggal genap. Karena tanggal ganjil dia tidak bisa bergerak ke kantor," ujar Syafrin.
 
Dishub DKI Jakarta juga menambah jam operasional sejumlah transportasi umum. Kebijakan itu untuk mempermudah masyarakat mengakses transportasi di ruas jalan yang memberlakukan sistem ganjil genap.
 
"Kami juga sudah melakukan antisipasi terhadap potensi terjadinya shifting, dari kendaraan pribadi ke angkutan umum seperti MRT, TransJakarta dan LRT," ujar Syafrin.
 
Baca: DKI Minta Karyawan Masuk Kantor Sesuai Pelat Ganjil Genap
 
Sistem ganjil genap akan diterapkan di 25 ruas jalan Ibu Kota. Ruas jalan ini sebelumnya juga ditetapkan pada Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2019 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.
 
Jam operasi ganjil genap di masa PSBB transisi akan sama dengan penerapannya sebelum masa pandemi, yakni pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.
 

(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif