Ilustrasi LRT. MI/Pius Airlangga
Ilustrasi LRT. MI/Pius Airlangga

LRT Manfaatkan Teknologi untuk Sambut Kenormalan Baru

Nasional dki jakarta Virus Korona New Normal
Kautsar Widya Prabowo • 01 Juni 2020 08:48
Jakarta: Beragam moda transportasi umum di Jakarta mempersiapkan diri untuk beroperasi saat kenormalan baru (new normal). LRT Jakarta memanfaatkan kemajuan tekonologi untuk beradaptasi dalam tatanan hidup baru.
 
General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta Bintang Kemal H menjelaskan, salah satu teknologi yang digunakan ialah tombol footswitch (pedal kaki) untuk mengatur elevator dan voice command (perintah suara). Dua teknologi dipakai untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
"Kita sudah menerapkan footswitch dan sedang mengembangkan ke voice command untuk mengurangi sentuhan," ujar Bintang kepada Medcom.id, Senin, 1 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kurang lebih terdapat 11 footswitch, dua di antaranya berada di elevator Gedung Manajemen Control Center(MCC) di area depo LRT, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan sembilan lainya tersebar di berbagai elevator stasiun LRT Jakarta. Sistem tersebut diyakini mudah dimenggerti bahkan bagi yang pertama kali menggunakannya.
 
LRT Manfaatkan Teknologi untuk Sambut Kenormalan Baru
 
Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko memastikan protokol kesehatan dan kebersihan diterapkan dalam mendukung kenormalan baru. Kontak fisik ketika menggunakan transportasi modern tersebut juga dibuat seminimal mungkin.
 
"Mulai dari masuk LRT Jakarta, naik elevator tanpa menyentuh tombol lift melainkan menggunakan footswitch," jelasnya.
 
Sistem pembayaran juga tidak lagi menggunakan kartu. Penumpang hanya perlu mengoperasikan gawainya dengan tap masuk ataupun tap keluar dari gate.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif