Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Luhut Ingatkan Anies Jangan Sampai Ada Klaster Baru Covid-19

Nasional Virus Korona PSBB Anies Baswedan
Insi Nantika Jelita • 25 September 2020 09:18
Jakarta: Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 Luhut Binsar Pandjaitan menginstruksikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengawasi lebih ketat penerapan protokol kesehatan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi itu sudah 10 hari mengawal perkembangan penularan virus korona di Jakarta.
 
"Jangan sampai ada yang membuat klaster baru," ujar juru bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi mengutip pernyataan Luhut saat Rapat Koordinasi (Rakor) untuk Antisipasi Perkembangan Kasus Covid-19 di Jabodetabek secara virtual, Jakarta, Jumat, 25 September 2020.
 
Jodi mengatakan masa pengetatan PSBB DKI hingga 11 Oktober 2020 harus disinkronisasi dengan daerah penyangga. Kebijakan di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasai (Jabodetabek) harus selaras untuk mengendalikan penyebaran virus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aktivitas warga DKI Jakarta (masih) pergi ke restoran atau ke kafe di wilayah Bodetabek, artinya perlu pengetatan protokol kesehatan di sana untuk pengendalian covid," ungkap Jodi.
 
Menurut dia, pemerintah telah mengawasi aktivitas masyarakat di banyak tempat. Luhut, kata dia, juga sudah mengerahkan aparat untuk mengawasi aktivitas masyarakat di perkantoran, perusahaan swasta, dan pemerintah daerah.
 
“Pak Menko juga meminta ada pembatasan orang dalam suatu tempat. Ia mengimbau TNI, Polri, dan Satpol PP senantiasa mengawasi kegiatan masyarakat terutama bila ada kerumunan," jelas Jodi.
 
Baca: Anies Perpanjang PSBB Jilid II Sampai 11 Oktober
 
Jodi mengatakan data dari Dinas Kesehatan DKI menunjukkan tingkat kasus harian dengan tren yang cenderung stabil. Dari 30 Agustus sampai 11 September, peningkatan kasus aktif di Jakarta sebesar 49 persen. Peningkatan kasus aktif turun menjadi 12 persen pada 12 September hingga 23 September.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif